Skip navigation

Seperti biasa, hari ini saya berjalan ke dekat terminal Sadang Serang untuk berangkat ke kampus menggunakan angkot Caringin-Sadang Serang. Dalam angkot itu hanya ada satu penumpang yang duduk di belakang, saya memutuskan duduk di samping sopir saja. Beberapa menit kemudian angkot sudah penuh, sang sopir yang sudah sepuh menjalankan angkot dengan terlebih dahulu mengucapkan basmalah. Pertanda bahwa sopir ini tidak akan ugal-ugalan.

Tepat seperti dugaan saya, pak sopir ini memang tidak ugal-ugalan. Hanya saja kadang kelakuannya mungkin bisa saja membuat stress seorang pria di samping saya. Tampaknya penumpang ini sedang terburu-buru. Kadang-kadang pak sopir ini tidak hanya mengincar calon penumpang di lajur kiri, tetapi juga penumpang yang jauh berada di lajur kanan. Sesampai di perempatan Ciheulang-Tubagus, pak sopir melakukan manuvernya kembali padahal angkot tinggal menyisakan satu atau dua tempat duduk saja. Kali ini yang ditunggu adalah seorang gadis berjilbab yang tampaknya seorang mahasiswa. Sambil menunggu sepintas saya melihat seorang ibu menuangkan sebungkus sayur kacang merah ke dalam mangkok. Hmm, sudah begitu lama saya tidak merasakan masakan itu lagi. Setelah gadis tadi menyeberang rupanya pak sopir salah duga, si gadis ternyata tidak mau naik angkot ini. “Ck…”, ujar pria di samping saya dengan kesal. Bila saya dalam kedaan yang sama dengan pria ini, kadang dalam hati saya merencanakan niat jahat yaitu memukul kepala sopir atau mendorong penumpang yang turun agar angkot cepat melaju kembali. Hmm, kebiasaan yang buruk -_-“.

Sesampai di depan gerbang parkir belakang kampus, lalu lintas macet karena pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN). Begitu angkot terhenti tiga orang keluar secara bersamaan, yaitu saya, pria tadi, dan seorang mahasiswa berjilbab. Mmm, baru kali ini saya tidak mendengar ada yang berkata, “Kiri..”. Di dekat tempat parkir tampak juga seorang satpam berdebat alot dengan beberapa mahasiswa yang menjual merchandise khas ITB. Saya bergegas menuju perpustakaan di lantai 3 Labtek VI untuk menulis kejadian yang saya alami sepanjang 5 Km ini walaupun hanya sedikit yang saya tulis dari sekian banyak kejadian yang saya alami karena sudah 13 menit telat kuliah.

Leave a Reply

